Review : Paket telpon XL yang membingungkan

Tulisan ini tidak bermaksud mendiskreditkan XL sebagai operator yang cukup memiliki banyak pelanggan di Indonesia. Tulisan ini muncul hanya karena ingin membagi pengalaman kepada kawan blogger yang mungkin juga mengalami seperti yang saya alami.

Singkatnya begini, saya sebagai pemakai kartu xl (bebas ) yang sudah cukup lama (lebih dari 1 tahun) sedikit banyak telah melewati hari-hari dengan kartu xl. Di jangka waktu tersebut juga saya menjadi saksi promo-promo yang dibuat oleh Xl selama itu. Seingat saya mulai dari promo telp. murah dari pagi sampai sore, telp gratis dari jam 00:00 sampai jam 06:00 pagi, terus promo telp Rp.1000 berkali-kali dan lain sebagainya.

Jujur saja, saya juga menikmati promo-promo telp.murah tersebut walaopun kadang-kadang di barengi sedikit sumpah-serapah untuk XL (maaf ya, XL) karena kadang-kadang lagi tlp, baru sebentr tiba-tiba putus terus mau tlp lagi,bayar lagi.  Sekarang masalahnya, Buat saya,promo XL sekarang malah nambah membingunkan. Untuk menguatkan kebingungan saya, silakan lihat screnshoot promo xl di bawah ini.

printscreen1_xl

printscreen2_xl

ada yang salah dengan promo tersebut? Wallahu Alam, tapi yang terjadi di pelanggan XL adalah adanya perbedaan tarif. Misalnya, untuk tlp dari jam 00:00 s/d jam 6 pagi saya tetap dikenakan tarif telp. sebesar Rp.1000,- untuk 1 – 2 jam telp. (bisa tlp. berulang-ulang tapi tidak melebihi akumulasi yg tadi disebutkan,kalo melebih harus bayar Rp.1000 lagi.). teman saya, pelanggan  XL yang lebih lama dari saya masih dapat telp gratis dari jam  00:00 s/d jam 6 pagi. Jadi walaupun ga ada pulsa,dia masih bisa telp.saya.sebaliknya, saya ga bisa.

Kemudian, ada temen saya yang baru mencoba Xl beberapa hari ini, dia pas ga ada pulsa tlp saya pada jam 00:00 s/d jam 6 pagi ternyata ga bisa.tapi dia bisa nelp.yang paket Rp.300,- sampai jam 11. setelah itu berlaku tarif Rp.seribu lebih.

saya cek temen-temen saya yang lain juga mengalami nasib yang berbeda-beda. Perlu diketahui, bahwa mereka menggunakan xl nya tanpa reg.sana sini yg meribetkan seperti yang ada di screen shoot. karena umumnya mereka juga bingung.

Kesimpulan saya terhadap cara-cara promo XL sekarang ini adalah :

  • makin ribet aja
  • mulai ga transparant
  • promonya dibolak-balik saja biar terkesan promo baru padahal sama saja dengan yang dulu tapi ada bonusnya yaitu plus bingung
  • terkesan mempermainkan pulsa pelanggan dan memanfaatkan pelanggan Indonesia yang kurang kritis terhadap hal – hal seperti ini
  • Jika anda ingin menambahkan silakan posting komentar anda.
About these ads

32 comments on “Review : Paket telpon XL yang membingungkan

  1. rada mirip2 pengalaman ma xl… selain ribet dan ga transparan..gw ngalamin ndiri, padahal gw udah langganan xl udah lebih dari 4thn…
    sering putus sendiri, padahal baru sekitar 20 menitan di paket “telpon murah sampe puas” , dan itu selalu terjadi setiap saya menelpon diatas 20 menit. Terpaksa untuk menelpon selama 1 jam dalam sehari seringkali saya harus membayar berkali kali….
    xl kamu blom bisa profesional..

  2. Saya juga kecewa pake XL. Pulsa cepet habis. Padahal selalu sesumbar telepon murah dari dulu. Acara telepon temen juga jadi berantakan. Pasti alesan XL nyalahin sistem sibuk, jaringan error atau apalah. Padahal nih ya, kalo sistem gak bisa nampung konsumen yang segitu banyaknya, mendingan gak usah sesumbar “MURAH” segala. Mending bikin promo yang bener. Gak usah muluk-muluk yang penting jangan suka makan pulsa konsumen. Berarti itu sama aja makan hak orang banyak. Benahin dulu tuh yang namanya sitem, jaringan or apalah istilahnya. Kalo dah bener baru deh boleh sesumbar “TELEPON MURAH”.

  3. mau komentar soal nasib yg beda2..
    kebetulan punya saya ini kartu xlnya bernasib sial..
    gak ada gratisan, tiap 10 menit telf terputus, seribu perak ga bs telf..
    Hhh.. Kesiaan deh luu..
    kena kutukan kartu xl, kampreet..!!

  4. iya ne xl gmn cccccccccccccccccc .g komitmen.dzolimnya naudzubillah bgt.bsa g c wat jujr.Insya ALLAH klo jujr mah [pst berkah dr pd korupsi .1 kta wat xl Cpede

  5. xl nyebelin,,,,,,,,,,,mending g usah pake tarif murah2an gitu deh,,,,,,,,,,,buat telf aja susah pol,,,,,,,,, d sms ae susah masuk,,,,,,,,,,,xl musti berbenah lagi,,,,,,,,,,,,,, fuck xl,,,,,,

  6. XL adalah operator paling penipu di Indonesia.
    Anehnya pemerintah tidak bisa bertindak mengatasi hal ini.
    Mending YLKI dibubarkan saja, gak berguna tuh lembaga.

  7. Pke Kartu Xl Bingung sendiri ma Tarif paket telpon murahnya…………
    Xl sangat Membingunnggggggggggggggggkan!!!!

  8. iya bner bangett,.,,XL= operator penipu paling ulung di Indonesia.,.,.,.,.,.,.,
    gw test,,udah jelas HP yang satunya disebelah HP gw dengan sinyal Full,.,malah dibilang “Nomor yang hubungi,salah,.,,.,” (padahal sesama xl), yang salah tuh otak LO x.,.,.,,pantesan aja sms gw ga penah nyampe ke orang.,,bajingan banget,.,bikin orang ribut aja XL neh,..,.,.

    nelpon g semenit mati,, tapi tarif terhitung DURASI,.,ANJINNGGGGG

  9. hahaha.. btul itu gan. sy pake paket yang sampe puas tapi telpon lbh 10 menit malah terpotong 2000. pas mau nelpon koq terkurang lagi. uhhh.. mgkn ini hanya tergantung amal dan ibadah kita sj ^_^
    ok thanx untuk infonya gan. kami tunggu info terbarunya. makasih

  10. Terlalu banyak paket nelpon yg katanya murah dr xl, ternyata sama aja, malah bikin bingung mana yg bener, mending pake yg pasti” aja, aq pindah operator k im3, lbh pasti, nelpon Rp50/mnt, Rp50/SMS kirim 10 dpt free 100 k semua operator(BALI)

  11. bener tu bro sering bnget dipotongnya, klo Rp 1000 x 1 jt pelanggan = 1 M x 1 bln x 1 thn hmmmm lumayan tu hasil kerja ringan……
    ngerampok dgn cara halus, org pada malas komplainnya ke xl palink tanggapannya gtu2 aja…….
    pa lg xl unlimited perdananya, aku beli 300 rb di xl center sedangkandi promonya sdah jelas 150 rb, yg korupsi ne kayaknya disemua lini.
    ena’an pake telepati gratis trusss

  12. saya baru beli perdana xl. kata yang jual, begitu aktifin langsung aktif yang nelpon 25rp/menit.
    tapi begitu saya nelpon ke sesama xl yang dluar kota, kenanya Rp1800an/36menit trus setelah 2x nelpon, kenanya jadi Rp 1800an/45menit.

    tapi begitu nyoba sms kok gak dapet gratis 1000sms. itu harus daftar paket dulu yah??

    trus yang nelpon 25rp/menit juga harus daftar paket dulu setiap harinya kah?
    karena barusan aku coba daftar paket Rame nelp 25rp/menit, katanya berlaku 24jam dr sekarang???

    iyah, ribet xl paketnya penjelasannya gak lengkap.. udah beli paket masa’ masih kena2 pulsa lagi??

    gak kayak axis, begitu beli paket internet, ya gak kena pulsa lagi…

    atau M3, begitu sms 2x langsung dapet gratis 100 atau 50 atau 25sms tanpa syarat.
    dan M3 kalo nelpon tarifnya 2300rp/1jam dr jam 17.00-24.00 kalo pulsa diatas Rp.10ribu (kalo dibawah 10ribu, cuma 15menit sekali nelpon).

    kan jelas gitu tarifnya..

  13. saya baru beli perdana xl. kata yang jual, begitu aktifin langsung aktif yang nelpon 25rp/menit.
    tapi begitu saya nelpon ke sesama xl yang dluar kota, kenanya Rp1800an/36menit trus setelah 2x nelpon, kenanya jadi Rp 1800an/45menit.

    tapi begitu nyoba sms kok gak dapet gratis 1000sms. itu harus daftar paket dulu yah??

    trus yang nelpon 25rp/menit juga harus daftar paket dulu setiap harinya kah?
    karena barusan aku coba daftar paket Rame nelp 25rp/menit, katanya berlaku 24jam dr sekarang???

    iyah, ribet xl paketnya penjelasannya gak lengkap.. udah beli paket masa’ masih kena2 pulsa lagi??

    gak kayak axis, begitu beli paket internet, ya gak kena pulsa lagi…

    atau M3, begitu sms 2x langsung dapet gratis 100 atau 50 atau 25sms tanpa syarat.
    dan M3 kalo nelpon tarifnya 2300rp/1jam dr jam 17.00-24.00 kalo pulsa diatas Rp.10ribu (kalo dibawah 10ribu, cuma 15menit sekali nelpon).

    kan jelas gitu tarifnya..

    nah kalo xl gimana yah ??
    saya kalo nelpon lama soalnya, bisa 1jam an..
    enaknya pilih paket apa? n syratnya apa tuh paket?

  14. aq jg uda pke xl lebi dr 5 taon….tp kok mkin lama aq makin kecewa ma xl
    terif telpon’nya ga jelas…
    yg trakir ni aq pke paket sampe puas…di situ tulisan’nyanelp sepuasnya ke no xl seharian cm 1500….tp bulshit bgt tyta
    mna tiap menit tertentu telp’na mati ndiri…uda gtu klo telp age hrs byar age
    kampret ni xl…
    mpe bingung hrs pke paket yg mana….
    and klo kupikir2…slama aq pke xl n im3, im3 lebi jlas paket2nya drpd xl yg byakan nipu ni

  15. xl promonya membingungkan banget..paket internet nya sama blackberry fullservicenya saling tumpang tindih,dan mirip satu sama lain.saya kejebak di iklan pop up nya,begitu pencet *123# langsung dikasih promo ga jelas dan minta diaktifkan,krn kelihatannya sama ya saya oke in aja. ga taunya malah masuk ke paket internet.
    udah gitu nelpon CS nya untuk minta di switch,secara harganya sama CS nya ga mau.
    XL bener2 menipu

  16. Menurut saya sih paket telepon xl yang paling jelas adalah xl lebih murah dari pada cdma.
    Itu tarif sesama Rp75/menit kalo ke operator lain Rp450/menit. Kalo paket2 telepon yang lain saya akui saya juga bingung, kayaknya hanya omong kosong saja. yang ada cuman jadi mahal.

  17. XL,jgn lpa klian ada krn konsumen.kberikan costumer pelayanan terbaik.jika bisa adakan kembali Paket Nelpon Tarif CDMA.demi kebaikan dan kepentingan bersama

  18. Tetep harus pake 2 operator, kalau cuma ngandalin si biru ini sering bikin kecewa. Pake si biru cuma cocoknya untuk paaket akrabnya. Paaket2 yg laen mahal

  19. Semua comments di atas BENEEER BANGEEEET GAAAN….!!! Ane jg termasuk salah satu korban penipuan XL…hiks..hiks…:(
    Semua paket hematnya bikin ribet..alias kagak jelas..
    Mari qt beramai2 hijrah ke IM3…:)

  20. Xl juga gak pernah menghargai para pengguna xl setia seperti saya yang menggunakan xl sejak tahun 2002 sampai sekarang yang saat itu bernama PRO XL
    paketnya sama tapi tarifnya berbeda dengan tarif perdana… contoh sama sama tarif telpon berkali kali paket kartu perdana tlp hanya 1500 tp nomer saya yang sejak 2002 dengan paket yang sama malah mahal 1750.. inilah bukti xl tidak menghargai pengguna setianya seperti saya…semoga xl mendengarkan keluhan saya ini…trim’s

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s